Kamis, 09 Agustus 2012

Let's enjoy it

Libur panjang di rumah .. bukankah baru sekarang ini kita punya, yang sepanjang ini? Kita bebas melakukan apa saja di rumah, tak ada tugas yang harus dikejar waktu penyelesaiannya, tak ada bos yang harus kita taati, tak ada jam kerja yang mengendalikan hidup kita. Memang tak disangkal, rasa bosan itu ada, karena kadang kita menghabiskan waktu untuk melakukan itu-itu saja. Tapi, kita harus menyadari bahwa dengan punya waktu banyak di rumah, banyak manfaat yang bisa kita ambil.
Kalau dipikir, bukankah dari sejak kita masuk Taman Kanak-kanak, kemudian SD, SMP, SMA, Universitas, dan bekerja, kita selalu hidup dalam lingkaran rutinitas, yang membuat kita tak punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang menarik minat kita? Sekarang, ketika kita menghabiskan banyak waktu di rumah, tanpa terikat oleh tugas dan benar-benar menjadi bos atas diri kita sendiri, sesungguhnya, kita punya kesempatan emas untuk mengeksplorasi bakat kita. Kita semua tahu, sekolah, tak pernah benar-benar mengeksplorasi bakat kita. Jadi, banyak sekali di antara kita yang bakatnya masih terpendam. Dengan punya banyak waktu di rumah, meski di sela-sela kesibukan kita mengurus rumah tangga, kita bisa coba lagi melakukan apa yang menarik minat kita.
Kalau kita melihat kisah-kisah orang yang sukses secara finansial, bukankah kebanyakan dari mereka adalah wiraswasta yang menggeluti usaha yang sungguh-sungguh merupakan minat mereka? Mereka bukanlah orang-orang kantoran dengan gaji tinggi. Mereka adalah orang-orang sederhana yang berani mulai pelan-pelan, mencoba mengasah keterampilan yang menjadi hobi mereka.
Menjadi ibu rumah tangga sesungguhnya tidak hanya memberikan kita waktu. Sering tidak kita sadari, bahwa penerimaan dan kasih sayang yang kita terima dari anak, mengubah pribadi kita menjadi orang yang lebih 'bebas.' Kalau kita coba introspeksi, bukankah dibanding beberapa tahun lalu, sekarang ini kita menjadi lebih nyaman dengan diri kita sendiri. Saat ini, kita menjadi kurang peduli lagi dengan apa yang dipikirkan orang lain, kurang peduli lagi pada penilaian orang lain terhadap kita. Bagi kita, dicintai tulus oleh anak telah mencukupkan segalanya. 'Kebebasan' inilah yang sebenarnya sangat memungkinkan kita untuk berkreasi tanpa batas. Bukankah kreativitas baru muncul secara luar biasa ketika orang merasa bebas?
Jadi, sekarang, daripada risau dengan kondisi kita yang hanya di rumah saja, atau khawatir bahwa libur panjang kita membuat orang lain menganggap kita malas, lebih baik kita manfaatkan waktu untuk mencoba-coba hal baru, menggali lagi minat dan mengasah keterampilan kita berdasarkan minat kita. Time to explore our talents.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar